Iklan Billboard 970x250

3 Tips Cara Memperjelas dan Mempertajam Video CCTV

3 Tips Cara Memperjelas dan Mempertajam Video CCTV

masujek.eu.org - Cara agar video CCTV jelas. CCTV saat ini telah menjadi perangkat pengintai yang sangat berguna untuk keamanan suatu lokasi. Dengan menggunakan kamera CCTV, tentu kita akan menjadi semakin mudah mengintai keadaan sekitar sehingga bila ada hal yang tidak diinginkan terpantau, akan bisa segera diatasi.

cara memperjelas dan mempertajam video cctv

Dalam perkembangannya, CCTV dari tahun ke tahun makin menghasilkan gambar yang lebih jelas, jernih, bagus, dan tidak patah-patah. Berbeda dibanding dulu yang hanya ada CCTV hitam-putih, sering ngelag, patah-patah, tidak jernih pula.

Saat membeli CCTV pun kita sudah disuguhi fitur full HD pada beberapa CCTV masa kini. Namun tahukah Anda bahwa kamera CCTV masih bisa diperjelas? Ini juga berlaku bagi yang memiliki CCTV dengan kamera tidak jelas lho? Bagaimana caranya? Silahkan disimak.

Penyebab Video CCTV Tidak Jelas?

Sebelum masuk ke pembahasan inti, alangkah lebih baik kita mengetahui penyebab mengapa video CCTV tampak tidak jelas atau kabur. Sebenarnya, dalam hal ini ada dua alasan utama yang menyebabkannya, antara lain:

1. Resolusi Kamera CCTV Memang Rendah

Beberapa kamera CCTV, khususnya CCTV produksi lama memang memiliki resolusi kamera CCTV yang rendah. Hal tersebut ditambah tidak adanya dukungan sensor CMOS dan inframerah yang banyak terdapat pada CCTV masa kini sehingga gambar videonya pun makin tampak tak jelas.

2. Resolusi Kamera CCTV Tinggi Tapi Disetting Rendah

Beberapa kamera CCTV memiliki resolusi tinggi, namun secara default disetting rendah untuk menghemat konsumsi sumber daya dan agar lebih lancar saat merekam video di sekitar. CCTV jenis ini bisa diperjelas dengan menyettingnya agar menghasilkan gambar dengan kualitas maksimal.

Cara Memperjelas Video CCTV

Bagaimana cara memperjelas video pada kamera CCTV? Pada kesempatan ini kami akan membahasnya. Langsung saja tanpa basa-basi, silahkan simak cara membuat kamera CCTV menghasilkan video jernih, tajam, dan lebih jelas.

1. Naikkan Resolusi Output pada DVR

Dengan menaikkan resolusi output pada DVR akan membaut tampilan video pada CCTV akan semakin tajam. Hal yang perlu diingaat adalah, Anda harus memastikan bahwa TV monitor yang digunakan support dengan resolusi tinggi.

Karena bila tidak, maka TV akan berwarna hitam putih. Itu menunjukkan bahwa TV tidak support resolusi tinggi. Anda harus mengaur kembali dengan CCTV yang berbeda.

2. Naikkan Sharpen Setiap Kamera

Caranya adalah dengan klik kanan pada channel yang Anda pilih melalui DVR, kemudian pilih gambar dan cari pengaturan sharpen kamera. Naikkan sesuai keinginan Anda. Semakin tinggi sharpen, ketajaman kamera CCTV akan meningkat.

3. Tambah Kontras

Menambah kontras juga merupakan cara tepat untuk meningkatkan cahaya gambar agar lebih dominan. Hal ini berfungsi supaya warna yang dominan dapat mempertajam dengan warna yang lebih terang.

Kesimpulan
Demikian penjelasan mengenai cara memperjelas video cctv, cara mempertajam kualitas video CCTV, tips software membuat rekaman video CCTV makin jelas, jernih, tidak patah-patah, tajam, dan akurat, cara untuk mengatasi gambar CCTV buram atau blur, dan sebagainya.

Baca:
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post