Iklan Billboard 970x250

Cara Memperbaiki CCTV yang Tidak Bisa Merekam

Cara Memperbaiki CCTV yang Tidak Bisa Merekam

masujek.eu.org - Memperbaiki CCTV yang tidak bisa merekam. Seyogyanya CCTV harus bisa merekam karena memang fungsi CCTV adalah untuk merekam keadaan sekitar. Jadi, ketika ada tindakan mencurigakan akan dapat lebih cepat ditangani.

cctv tidak bisa merekam

Namun meski demikian, ada beberapa kondisi di mana CCTV tidak bisa merekam meski lampu CCTV menyala, listrik tersambung, ataupun kamera CCTV aktif. Tapi ketika dilihat di layar monitor atau smartphone, layar CCTV hanya berwarna hitam saja.

Hal tersebut tentu mebuat kita gundah gulana kemana-mana. CCTV tidak merekan, berarti kita tidak bisa memantau situasi dan kondisi di mana kamera CCTV tersebut diletakkan. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Nah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengapa atau kenapa kamera CCTV tidak mau merekam yang dikarenakan oleh berbagai kondisi. Di sini kami juga akan membahas secara lengkap bagaimana cara memperbaiki CCTV yang tidak bisa merekam.

Perlu digarisbawahi bahwa segala hal yang akan kami bahas di bawah ini merupakan pengalaman pribadi, jadi mungkin akan sedikit berbeda penerapannya terhadap jenis atau merk kamera CCTV lainnya. Silahkan simak penjelasan berikut.

Penyebab Kenapa CCTV Tidak Bisa Merekam

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sebuauh kamera CCTV tidak bisa merekam atau mati. Berikut beberapa alasan kenapa kamera CCTV mati atau tidak tampil di monitor.

1. Kamera CCTV Mati atau Rusak

Alasan yang paling logis ketika tidak ada gambar di layar monitor DVR CCTV, penyebabnya adalah kamera CCTV mati, rusak, atau basah terkena air hujan sehingga tidak bisa berfungsi kembali secara normal.

2. Kabel CCTV Terputus

Kadang ini yang menjadi masalah serius namun tidak disadari. Biasanya kabel CCTV terputus disebabkan oleh tikut atau karena kualitas kabel yang tidak bagus.

3. Adaptor Kamera CCTV

CCTV dapat menyala karena mendapat sumber energi dari power supply. Jika adaptor CCTV mati, maka secara otomatis kamera CCTV juga tidak akan menyala dengan sendirinya serta tidak dapat berjalan dengan baik.

4. Port Konektor Rusak

Apabila semua masalah di atas tidak ada, namun masih error ketika video CCTV masih belum tampil di laya monitor, maka mungkin hal tersebut disebabkan oleh port konektor yang terdapat di DVR rusak.

5. DVR Rusak

Yang terakhir adalah kamera CCTV tidak bisa mengirim video ke layar monitor disebabkan karena DVR-nya rusak. Cobalah untuk mengganti dengan DVR lain untuk memastikannya.

Cara Memperbaiki CCTV yang Tidak Bisa Merekam

Dari permasalahan-permasalahan yang ada di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki kamera CCTV yang tidak bisa merekam, mati, ataupun off. Berikut adalah masing-masing solusi penyelesaiannya:

1. Memperbaiki Kamera CCTV

Jika masalahnya adalah kamera CCTV yang rusak, pertama pastikan terlebih dahulu dengan cara menggunakan kamera yang lain. Jika kamera lain berfungsi dengan baik, maka kamera yang Anda gunakan memang benar-benar rusak dan solusinya adalah service/ganti.

2. Memastikan Kabel CCTV Terhubung

Pastikan setiap kabel CCTV terhubung ke masing-masing perangkat mulai dari monitor, kamera CCTV, hingga ke DVR (Digital Video Recoder). Untuk memastikan setiap kabel tersambung dengan kencang, cobalah cabut terlebih dahulu kabelnya dan pasang kembali ke port yang sama.

3. Memastikan Adaptor CCTV Menyala

Setiap adaptor CCTV biasanya memiliki lampu yang digunakan sebagai notifikasi bahwa adaptor telah menyala dan ada aliran listrik. Jika tetap tidak menyala, cobalah untuk mengganti kabel power supply dengan yang kabel yang lain.

4. Memperbaiki Port Kabel CCTV

Apabila masalah yang terjadi dikarenakan port yang rusak, maka sebaiknya service saja di tempat yang menyediakan jasa. Namun bila Anda mengerti perangkat CCTV, alangkah lebih baik untuk membeli port CCTV baru yang banyak dijual secara online untuk menghemat biaya.

5. Memperbaiki atau Mengganti DVR CCTV

Terahir apabila semua langkah di atas sudah dilakukan dan kamera CCTV masih belum bisa menyala, satu-satunya peyebab yang mungkin adalah dikarenakan DVR CCTV sudah rusak. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengganti DVR CCTV dengan yang baru maupun dengan men-servicenya.

Kesimpulan
Sekian pembahasan tentang cctv tidak bisa merekam, kenapa, penyebab, mengatasi cctv tidak bisa playback dan merekam, tidak mau merekam, mengapa dvr jadi tidak bisa merekam, harddisk tidak terbaca pada dvr, penyebab rusaknya cctv dan cara mengatasinya, penyebab gambar cctv tidak tampil di monitor.

Baca:
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post