Iklan Billboard 970x250

Jika Mati Lampu Apakah CCTV Tetap Menyala

Jika Mati Lampu Apakah CCTV Tetap Menyala

masujek.eu.org - Apabila mati lampu apakah cctv menyala. Banyak pertanyaan muncul apakah ketika mati lampu atau mati listrik CCTV tetap menyala? Nah sekali lagi ini didasarkan kepada apa sumber daya yang membuat CCTV berada pada mode on.

jika mati lampu apakah cctv tetap menyala

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah ulasan menarik mengenai apakah ketika mati lampu kamera CCTV masih tetap akan menyala atau tidak. Semua jawabannya akan kami bahas di bawah ini.

Untuk diketahi, CCTV (Closed Circuit Television) merupakan sebuah alat yang digunakan untuk merekam keadaan atau lingkungan sekitar. Biasanya paket CCTV terdiri dari kamera, kabel, konektor cctv, DVR/NVR, hingga aplikasi CMS untuk komputer atau handphone.

Penggunaan CCTV juga semakin meluas. Sebelumnya di awal-awal tahun 2000-an hanya tempat publik saja yang dipasangi CCTV seperti mall, supermarket, kantor, sekolah, lalu lintas, hingga area proyek. Saat ini, CCTV telah digunakan bahkan di rumah pribadi atau apartemen.

Kembali ke persoalan status CCTV on/off saat lampu atau listrik sedang mati. Berikut ulasannya sekaligus kami juga akan membahas apa yang terjadi kepada CCTV, DVR, dan video rekaman saat sedang mati lampu. Silahkan disimak.

CCTV Menyala Atau Tidak Saat Mati Lampu

Apabila ada yang bertanya apakah CCTV tetap akan bekerja pada saat tidak dialiri sumber daya, maka jawabannya adalah tidak. CCTV akan ikut mati bila tidak ada sumber daya yang membuat CCTV menyala.

Namun bila ditanya apakah CCTV tetap akan menyala jika mati lampu, jawabannya belum tentu. Tergantung dari sumber daya apa yang digunakan. Bila menggunakan listrik sebagai sumber daya, maka CCTV akan ikut padam bila listrik tidak ada.

Namun itu tidak berlaku bila menggunakan UPS (Uninteruptible Power Supply) semacam sumber daya atau baterai cadangan yang ditempatkan di DVR. Ada beberapa CCTV yang sumber dayanya berasal dari UPS dan apabila mati listrik, CCTV jenis ini tidak akan ikut padam, melainkan akan padam bila UPS nya habis.

Apa yang Terjadi Kepada CCTV Saat Mati Lampu

Pertanyaan selanjutnya, apa jadinya bila CCTV tidak mendapat sumber daya? Maka CCTV akan berhenti bekerja dan berhenti merekam video serta menyimpannya di memori (kartu SD) di DVR (Digital Video Recorder).

Namun jika menggunakan UPS, maka CCTV masih akan terus menyimpan video hingga UPS nya habis. Jadi, kembali lagi tergantung sumber daya apa yang digunakan. Selagi menyaa, CCTV masih akan terus merekam video.

Tapi ada beberapa kamera CCTV yang merekam video per sekian menit (misalnya per 30 menit, 60 menit, atau semacamnya). CCTV jenis ini tidak akan menyimpan rekaman bila kurang dari 30 menit atau 60 menit ketika sumber daya telah dicabut.

Kesimpulan
Semoga menjawab pertanyaan jika mati lampu apakah cctv tetap menyala, apakah cctv tetap nyala, on, tetap dapat merema ketika lampu padam, mati, off, atau tidak aktif? listrik padam, genset, UPS, baterai, battery, dan sebagainya.

Baca:
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post