Iklan Billboard 970x250

Fungsi Konektor CCTV dan Jenisnya (Power DC dan BNC)

Fungsi Konektor CCTV dan Jenisnya (Power DC dan BNC)

masujek.eu.org - Fungsi konektor cctv dan rekomendasi merk. CCTV (Closed Circuit Television) merupakan salah satu alat keamanan khusus yang telah menjadi standar operasional di berbagai tempat strategis serta tempat publik.

konektor cctv power dc dan bnc

Contohnya seperti kampus, mall, pasar swalayan, tempat parkir, kantor, sekolah, universitas, hingga rumah pribadi. Semakin murahnya harga CCTV dan semakin berkualitasnya gambar video yang dihasilkan, membuat banyak yang semakin tertarik untuk memasang CCTV.

Ada beberapa bagian komponen CCTV, salah satunya adalah kabel konektor (penghubung) sepeti yang tampak pada gambar di atas. Nah di kesempatan kali ini kami akan membagikan ulasan tentang fungsi konektor untuk CCTV.

Fungsi Konektor CCTV

Ada dua jenis konektor berbeda untuk kamera CCTV, yang pertama adalah konektor power DC CCTV dan yang kedua adalah konektor BNC CCTV. Masing-masing memiliki tugas, fungsi, dan bentuk berbeda, berikut ulasannya.

1. Konektor Power DC CCTV

Konektor Power DC CCTV

Konektor ini digunakan untuk menyambungkan kabel pada CCTV ke sumber daya (power supply) atau listrik agar CCTV bisa menyala. Konektor ini, menghubungkan kabel dengan "colokan" yang nantinya digunakan untuk disambungkan ke terminal.

2. Konektor BNC CCTV

Konektor BNC CCTV

Sedangkan konektor BNC (Bayonet Neill-Concelman) meruapakan konektor yang menghubungkan kamera kabel dari kamera CCTV ke media memori penyimpanan yakni DVR (Digital Video Recorder).

Jenis Konektor CCTV BNC

Untuk power DC konektor tidak memiliki jenis karena semuanya sama. Sedangkan untuk konektor BNC ada beberapa jenis yang perlu dipahami berikut adalah penjelasan masing-masing konektor BNC beserta fungsinya.

1. BNC to BNC

Jenis konektor ini, BNC to BNC merupakan jenis konektor yang digunakan untuk menghubungkan kabel ke kabel (seperti kabel sambungan) baik ke DVR, monitor, maupun kamera CCTV.

2. BNC RG6 Crimping

Konektor BNC RG6 adalah jneis konektor kamera CCTV yang digunakan untuk menyambungkan kabel dengan berbagai macam perangkat CCTV yakni DVR, kamera, dan monitor.

3. BNC RG59 Crimping

Konektor BNC RG59 merupakan konektor CCTV yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan perangkat CCTV meliputi kamera, DVR, maupun layar monitor.

4. BNC RG6 Twist

KonektorBNC RG6 Twist merupakan jenis konektor CCTV yang digunakan untuk menghubungkan kabel koaksial dengan slot BNC yang biasanya terdapat pada kamera CCTV maupun DVR.

5. BNC-RCA

Konektor BNC-RCA digunakan untuk mengubah BNC menjadi RCA yakni menghubungkan kamera CCTV ke layar monitor televisi.

Kesimpulan
Itulah ulasan mengenai fungsi konektor cctv, harga, analog, harga per meter, dan sebagainya mudah-mudahan bisa menambah informasi untuk kita semoga artikel ini bermanfaat apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Baca:
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post